3DPotret

Hadiah Terbaik Untuk Buah hati anda dan Keluarga

  I  

0

5 Pekerjaan Rumah Ini Wajib Dihindari Oleh Ibu Hamil

Kamis, 26 Desember 2019 - 14:12:33 |oleh:chondik |Dibaca: 28 pembaca

Saat menjalani masa - masa kehamilan, Bunda tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya karena keadaan fisik Bunda yang cepat mudah lelah. Oleh karena itu, mau tidak mau harus melepas aktivitas tersebut demi kondisi kesehatan Bunda dan si janin didalam kandungannya. Beberapa kegiatan ini yang harus ditinggalkan oleh Bunda selama masa kehamilan, berikut penjelasannya

1. Mengangkat atau memindahkan benda berat

Ketika hamil, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh membuat sendi dan ligamenmu menjadi lebih lemah. Akibatnya, kamu lebih berisiko mengalami cedera atau nyeri otot jika mengangkat atau memindahkan benda berat, seperti : mengangkat tabung gas, ember yang berisi cucian basah, bahkan mengangkat galon ke dispenser.

Mengangkat atau memindahkan benda berat saat hamil juga dapat memicu munculnya kondisi yang lebih serius, seperti perdarahan, persalinan prematur, dan air ketuban pecah dini.

Untuk itu, Bunda dapat meminta bantuan Suami atau orang lainnya yang bersedia membantu pekerjaan Bunda.

2. Membersihkan tempat sampah atau kandang hewan peliharaan

Sebaiknya Bunda harus tidak membersihkan tempat - tempat kotor, seperti : tempat sampah, kandang hewan peliharaan, dan lain sebagainya dikarenakan Ibu hamil rentan terinfeksi toksoplasmosis, yang dapat mengakibatkan terancamnya nyawa sang Mama maupun janin yang dikandungnya.

Pasalnya, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf dan otak pada janin dalam kandungan. Efek dari infeksi ini beragam, mulai dari yang ringan hingga parah dan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

3. Berdiri terlalu lama

Salah satu pekerjaan rumah tangga yang bisa melibatkan kamu untuk berdiri dalam waktu lama adalah memasak. Selain harus menyiapkan bahan - bahan makanan, mencuci, memotong hingga memasaknya yang membuatmu terus untuk tetap berdiri.

Namun bukan berarti ibu hamil tidak boleh memasak!. Posisi berdiri tetap boleh dilakukan, namun dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. Dianjurkan bagi Bunda ketika saat melakukan aktivitas memasak seperti memotong, mengulek atau mempersiapkan bahan dengan posisi duduk.

4. Mengepel lantai

Mengapa mengepel lantai sebaiknya harus dihindari? Dikarenakan mengepel dapat menimbulkan linu pinggul dan peradangan saraf siatik. Posisi saat mengepel dapat memberikan tekanan pada janin dan membuat kehamilan menjadi beresiko.

Saat mengepel dengan kondisi lantai yang basah dan licin tidak menutup kemungkinan Bunda juga bisa mengakibatkan jatuh terpeleset.

5. Membersihkan Toilet

Saat melihat kamar mandi kotor ingin rasanya langsung mengambil pembersih dan membersihkannya hingga kinclong. Meski naluri seorang ibu rumah tangga tak tertahankan, namun semua kegiatan itu ternyata berbahaya bagi ibu hamil.

Pasalnya, pembersih maupun obat-obatan yang menguap dan terhirup oleh ibu hamil dapat membahayakan dan membuat janin menjadi terlahir cacat. Jika ingin membersihkannya, gunakanlah pembersih berbahan alami seperti soda kue, cuka, dan lainnya.

Itulah 5 pekerjaan rumah yang wajb dihindari oleh Bunda dikarenakan janin yang ada dalam kandungan rentan mengalami keguguran, maka dari itu jangan sampai ibu hamil kelelahan saat melakukan aktivitas rumah tangga.


TerasKreasi
TerasKreasi.com
  • The jewel of the sky is the sun, the jewel of the house is the child.

    (Chinese saying)
  • Children are the bridge to heaven. 

    (Persian saying)
  • The littlest feet make the biggest footprints in our hearts.

    ((unknown))
  • Tujuan pendidikan adalah untuk menggantikan pikiran yang kosong dengan pikiran yang terbuka.

    (Malcolm S. Forbes)
  • Pembelajaran tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat ketekunan.

    (Abigail Adams)
  • Akar pendidikan itu akan terasa pahit, namun buahnya akan terasa manis.

    (Aristotle)
  • Hiduplah seakan kamu akan mati besok, belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya.

    (Mahatma Gandhi)
  • Pendidikan adalah tiket ke masa depan, hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinyasejak hari ini.

    (Malcolm X)
  • Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.

    (John Dewey)