3DPotret

Hadiah Terbaik Untuk Buah hati anda dan Keluarga

  I  

0

Jenis Beserta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Sabtu, 28 Desember 2019 - 14:26:59 |oleh:chondik |Dibaca: 29 pembaca

Walaupun sedang hamil, bukan berarti Bunda harus absen dari kegiatan olahraga. Melakukan olahraga untuk ibu hamil sangat dianjurkan karena akan memberikan banyak manfaat. Namun, olahraga ini juga harus dilakukan dengan benar karena ibu hamil memiliki risiko yang terkait dengan janinnya.

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Efek positif berolahraga saat hamil tidak hanya dirasakan oleh sang ibu, tetapi bayi dalam kandungan juga merasakan efeknya. Olahraga pun memiliki manfaat yang besar bagi ibu hamil, di antaranya:

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah terkadang mengalami kenaikan saat hamil, bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan terjadinya preeklampsia. Tetap aktif berolahraga, meski hanya dengan berjalan kaki secara teratur, dapat menjaga tekanan darah stabil.

Meningkatkan suasana hati

Dikarenakan Ibu hamil lebih rentan mengalami depresi atau kecemasan. Oleh karena itu, saat ibu berolahraga ringan seperti jalan sore di sekitaran rumah akan memberikan efek menenangkan bagi janin Bunda karena mengurangi depresi dengan melepaskan hormon endorfin yang ada.

Meringankan sakit pinggang dan panggul

Setiap kali Bunda berolahraga, dapat mengurangi nyeri tersebut seiring dengan kehamilan yang terus berlanjut dikarenakan berolahraga mampu memacu proses metabolisme tubuh sehingga akan merasa lebih senang dan nyaman.

Menjadikan kondisi tubuh menjadi lebih rileks dan tenang

Hal ini disebabkan karena lepasnya hormon endorphin yang dapat membuat rileks tidak hanya dapat dirasakan oleh sang Ibu. Bayi dalam kandungan pun akan merasa lebih tenang.

Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Sebagian besar olahraga aman dilakukan selama kehamilan jika dilakukan dengan hati-hati. Beberapa contoh olahraga yang cocok untuk ibu hamil, sebagai berikut.

1. Jalan Kaki

Berjalan kaki sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga Bunda untuk tetap fit. Bunda bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari. Usahakan hindari pula jalan kaki dengan jalur yang menanjak.

2. Yoga

Saat persalinan nanti pasti membutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik. Oleh karena itu, dengan melakukan yoga, Bunda dapat melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti serta mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.

3. Senam

Bunda dapat melakukannya di rumah dengan nonton TV atau video senam. Namun, Bagi ibu yang baru saja mulai olahraga, sebaiknya ikuti kelas senam hamil di studio yang dipandu instruktur handal. Ini dapat memperkecil risiko cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga sendiri tanpa pengawasan. 

Jika Bunda mengalami beberapa kondisi gejala seperti : mual, dehidrasi berlebihan, keputihan, pendarahan, dll. Bunda dapat memilih untuk beristirahat sejenak.

Itulah pembahasan mengenai beberapa manfaat dan jenis olahraga yang aman bagi Bunda yang sedang hamil. Semoga bermanfaat!


TerasKreasi
TerasKreasi.com
  • The jewel of the sky is the sun, the jewel of the house is the child.

    (Chinese saying)
  • Children are the bridge to heaven. 

    (Persian saying)
  • The littlest feet make the biggest footprints in our hearts.

    ((unknown))
  • Tujuan pendidikan adalah untuk menggantikan pikiran yang kosong dengan pikiran yang terbuka.

    (Malcolm S. Forbes)
  • Pembelajaran tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat ketekunan.

    (Abigail Adams)
  • Akar pendidikan itu akan terasa pahit, namun buahnya akan terasa manis.

    (Aristotle)
  • Hiduplah seakan kamu akan mati besok, belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya.

    (Mahatma Gandhi)
  • Pendidikan adalah tiket ke masa depan, hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinyasejak hari ini.

    (Malcolm X)
  • Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.

    (John Dewey)