3DPotret

Hadiah Terbaik Untuk Buah hati anda dan Keluarga

  I  

0

Ternyata 10 Alasan Inilah Penyebab Ibu Hamil Merasa Lelah

Senin, 13 Januari 2020 - 09:06:10 |oleh:chondik |Dibaca: 48 pembaca

3DPotret, Kehadiran janin akan membuat ibu hamil harus bekerja keras dalam hal menjaga agar janin berkembang dengan baik. Ibu hamil terkadang dicap malas lantaran sulit bangun untuk beraktivitas.

Faktanya banyak hal yang bisa membuat ibu hamil merasa lelah atau sulit melakukan beragam aktivitas sehingga tampak seolah tidak bersemangat atau malas. Bukan hanya itu saja, Pada saat kehamilan ada banyak hal yang mungkin terjadi pada ibu hamil seperti mual, muntah, anemia, kesulitan tidur, kecemasan, penurunan nafsu makan di awal, dan lain sebagainya.

Penyebab Ibu Hamil Cepat Merasa Lelah

Berikut beberapa alasan ibu hamil merasakan kelelahan yang sering disalahartikan sebagai alasan malas beraktivitas :

1. Perubahan Hormon

Saat masa kehamilan terjadinya peningkatan hormon progesteron. Hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Selain itu, tubuh mengalami produksi darah disertai dengan penurunan tekanan darah dan kadar gula. Namun demikian Ibu hamil tetap kesulitan tidur nyenyak saat malam hari dikarenakan seringnya buang air kecil yang terjadi.

2. Anemia

Anemia merupakan kondisi yang sering dirasakan pada Ibu hamil dimana kandungan hemoglobin darah dalam tubuh berkurang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan ibu hamil harus memberikan support nutrisi dan oksigen kepada bayi. Oksigen akan dibawa oleh hemoglobin dan kurangnya hemoglobin akan mengurangi oksigen pada ibu hamil yang menyebabkan merasa lelah.

3. Perkembangan Janin

Membesarnya janin akan meningkatkan beban yang harus dipikul oleh ibu hamil setiap harinya seperti nyeri pada punggung dan sulit untuk tidur dengan nyenyak. Membesarnya janin juga mampu menekan lambung dan kantung kemih sehingga akan terjadi gejala seperti sakit maag atau gastritis serta sering buang air kecil pada malam hari.

4. Mual dan Muntah

Meski sering disebut dengan istilah Morning SicknessNyatanya gejala ini bisa terjadi kapan saja sepanjang hari. Mual dan muntah umumnya terjadi pada awal kehamilan ketika hormon bHCG sedang meningkat. Hal inilah yang akan menguras energi sehingga ibu hamil akan mudah lelah.

5. Perubahan Emosional

Faktor emosi sangat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil, terutama ketika saat merasakan cemas yang berlebih. Kecemasan pada ibu hamil merupakan bentuk kekhawatiran terhadap kondisi janin. Kecemasan ini biasanya diikuti oleh gangguan tidur, ibu hamil dengan kecemasan berlebih akan kesulitan tidur sehingga menyebabkan rasa kelelahan.

6. Dehidrasi

Penelitian membuktikan bahwa dehidrasi ringan mampu menyebabkan kelelahan. Hal ini bisa terjadi lantaran terjadinya mual dan muntah yang berlebih. Oleh karena itu minum air yang cukup selama kehamilan akan mengurangi kejadian ibu hamil menjadi cepat lelah.

7. Hipoglikemik

Hipoglikemik merupakan suatu kondisi dimana kadar gula darah rendah dikarenakan jumlah makanan yang dimakan tidak sesuai dengan kebutuhan. Ketika hamil porsi makanan harus ditambah karena nutrisi bukan hanya untuk ibu hamil melainkan untuk janin juga. Hipoglikemik juga mampu menyebabkan ibu hamil cepat lelah karena energi yang diperlukan tidak terpenuhi.

8. Pembentukan Plasenta

Untuk Ibu hamil yang pada masa trimester pertama, plasenta akan terbentuk dalam 12 minggu pertama, dalam hal ini tentunya membutuhkan banyak energi dan energi tersebut berasal dari ibu hamil yang akan membuat ibu hamil cepat lelah apabila kekurangan nutrisi.

9. Aktivitas yang Berat

Tentunya Ibu hamil yang memiliki naluri seorang Ibu pasti akan melakukan kegiatan rumah tangga setiap harinya. Aktivitas tersebut mulai dari memasak, menyapu dan mengepel lantai, mencuci baju dan piring, dan sebagainya merupakan hal yang wajar apabila menjadi cepat lelah. Agar tidak merasakan cepat lelah, usahakan untuk meminta bantuan dari Suami atau keluarganya yang lainnya.

10. Penambahan Berat Badan

Saat Ibu hamil memasuki usia kehamilan trimester ketiga, Ibu hamil akan lebih sering merasa kelelahan. Hanya saja, saat ini alasannya karena semakin bertambahnya berat bayi dan juga berat badan Ibu. Hal ini dapat memicu sulit tidur pada ibu hamil dan sering buang air kecil, yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

Tips Supaya Tidak Merasa Cepat Lelah Saat Hamil

Banyak tantangan fisik yang dihadapi ibu hamil, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Ibu hamil tetap dapat bersemangat menjalankan aktivitas dengan beberapa tips sebagai berikut :

1. Cukup istirahat

Beristirahat tiap kali merasa lelah. Jika tidak memungkinkan, maka bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang atau tidur malam lebih awal. Umumnya ibu hamil harus istirahat 10 jam dalam sehari. Istirahat tidak hanya tidur pada malam hari, cobalah sebisa mungkin tidur siang ketika ada waktu.

2. Makan yang teratur

 Ibu hamil setidaknya butuh tambahan 300 kalori dibandingkan biasanya. Untuk itu diperlukannya mengonsumsi makanan atau camilan sehat dalam porsi kecil setiap beberapa jam. Perbanyak buah dan sayur, lalu batasi namun lebih baik hindari makanan manis, asin yang berlebih serta junk food

3. Minum yang Cukup

Minumlah yang cukup setiap hari dengan minimal 8x sehari serta hindari minum 1 atau 2 jam sebelum tidur karena akan mengurangi frekunsi berkemih saat malam hari yang akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan agar tidak sering terbangun untuk buang air kecil.

4. Olahraga Ringan

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima, tidak ada salahnya untuk beraktivitas fisik yang tidak memerlukan energi yang besar seperti berjalan santai, senam dan lainnya yang akan mengurangi rasa kelelahan, olahraga juga baik untuk aliran darah. Aliran darah yang baik akan menghantarkan nutrisi dan oksigen yang lebih baik kepada ibu hamil dan janin.

Kesimpulan

Oleh karena itu, janganlah menganggap Ibu Hamil merupakan sosok yang pemalas karena hal itu disebabkan perubahan fisik dan emosional yang dialami oleh Ibu Hamil. Di saat masa kehamilan, justru Ibu hamil perlu mendapat dukungan dari Suami dan keluarga serta lingkungan sekitar agar tetap pada kondisi yang baik hingga masa persalinan.


  • paragraph sign on mac keyboard

    19 Februari 2020 - 23:41:52 WIB
    paragraph sign on mac keyboard

    Kitap Satış Siteleri En Popüler Kitaplar Listesi

TerasKreasi
TerasKreasi.com
  • The jewel of the sky is the sun, the jewel of the house is the child.

    (Chinese saying)
  • Children are the bridge to heaven. 

    (Persian saying)
  • The littlest feet make the biggest footprints in our hearts.

    ((unknown))
  • Tujuan pendidikan adalah untuk menggantikan pikiran yang kosong dengan pikiran yang terbuka.

    (Malcolm S. Forbes)
  • Pembelajaran tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat ketekunan.

    (Abigail Adams)
  • Akar pendidikan itu akan terasa pahit, namun buahnya akan terasa manis.

    (Aristotle)
  • Hiduplah seakan kamu akan mati besok, belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya.

    (Mahatma Gandhi)
  • Pendidikan adalah tiket ke masa depan, hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinyasejak hari ini.

    (Malcolm X)
  • Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.

    (John Dewey)