3DPotret

Hadiah Terbaik Untuk Buah hati anda dan Keluarga

  I  

0

Dampak Stres Ibu Hamil Bagi Janin dan Cara Mengatasinya

Kamis, 23 Januari 2020 - 13:56:11 |oleh:chondik |Dibaca: 20 pembaca

Stres merupakan kondisi yang sering dialami oleh siapa saja, tak terkecuali dengan Ibu Hamil. Bercampur aduk rasa yang sering dialami ibu hamil, kadang merasa enak dan kadang juga merasakan lelah hingga menimbulkan stres. Stres saat hamil merupakan kondisi normal yang banyak ibu hamil lainnya pernah mengalaminya. 

Banyak faktor yang dapat menyebabkannya, mulai dari kondisi janin, urusan rumah tangga, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Namun jika ibu hamil merasa stres yang berlangsung lama maka tidak hanya ibu saja yang terkena dampaknya melainkan janin dalam kandungan juga akan terkena. 

Dampak Stres Ibu Hamil bagi Janin

1. Menyebabkan bayi lahir secara prematur

Stres akan dapat mempengaruhi plasenta ibu hamil. Saat ibu hamil stres, apalagi saat trimester pertama usia kehamilan, plasenta memproduksi hormon CRH. Dimana hormon ini memiliki fungsi untuk mengatur durasi kehamilan. Jika kadar hormon tersebut lebih tinggi dari seharusnya, maka durasi kehamilan akan menjadi lebih cepat sehingga akibatnya bayi akan lahir prematur.

2. Berdampak pada tumbuh kembang si janin

Penelitian membuktikan bahwa terdapat keterkaitan antara kondisi stres dengan risiko gangguan tumbuh kembang bayi, seperti ADHD dan autisme. Tidak hanya itu, Penelitian jangka panjang menunjukan bahwa ibu yang mengalami stres saat hamil, terutama saat usia kehamilan trimester pertama akan membuat anak cenderung memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

3. Mempengaruhi otak si janin kedepannya

Stres kronis yang dialami ibu hamil berpengaruh terhadap kelainan proses pembentukan otak janin dalam kandungan dan tidak menutup kemungkinan terjadi kelahiran bayi dengan gangguan mental. Walaupun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan antara stres dengan kelainan pembentukan otak janin di dalam kandungan.

4. Keguguran 

Dampak selanjutnya adalah keguguran si janin. Mengapa demikian? Dikarenakan stres yang dialami ibu hamil, terjadi kontraksi yang berlebihan dalam rahim. Apabila kontraksi berlangsung lama bahkan kepanjangan bisa-bisa ketahanan rahim dan janin akan merasakan perkembangan yang tidak benar dan risiko keguguran bisa mengancam kehamilan.

Beragam Cara Penanganan Stres yang Efektif

Setiap ibu hamil tentu berbeda dalam menangani dan mengobati rasa stres yang dialami. Namun beberapa saran berikut bisa ibu hamil terapkan agar lebih tenang terhadap kehamilan dan persalinan kedepannya.

1. Meditasi

Mungkin terdengar aneh tapi tidak ada salahnya jika mencobanya. Meditasi dapat menjadi cara untuk menenangkan pikiran sehingga stres saat hamil dapat hilang. Selain itu, meditasi saat hamil menjadi terapi untuk kesehatan mental dan memiliki manfaat yang baik untuk ibu dan bayi.

2. Istirahat dengan cukup 

Dalam sehari, dianjurkan untuk tidur siang dan tidur malam pastinya secara rutin. Perlu diperhatikan juga gaya tidur yang nyaman dan aman tentunya bagi si janin. Usahakan hindari aktivitas berat terlebih dahulu. Oleh karena itu, Ibu hamil perlu beristirahat dan memiliki waktu khusus untuk dirinya sendiri dan si janin. 

3. Relaksasi

Selain dengan terapi (meditasi), ibu hamil juga dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, seperti : membaca buku, melihat film, bepergian, dan menyalurkan hobi yang dimiliki. Tidak hanya membantu mengurangi stres, relaksasi juga akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

4. Menjaga pola makan yang baik

Makanan sehat diperlukan untuk kesehatan fisik sekaligus psikis ibu dan janin. Upayakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi yang cukup. Selain itu, pastikan untuk meminum air putih setidaknya 1,5 liter per hari. 

5. Olahraga Ringan 

Olahraga dapat merangsang hormon seseorang agar menjadi lebih bahagia. Selain dapat membuat badan sehat, Olahraga ringan seperti berenang dan berjalan-jalan aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Kegiatan ini dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Dengan demikian, penting bagi ibu hamil untuk dapat mengelola stres dengan baik agar tidak akan berdampak buruk bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.


TerasKreasi
TerasKreasi.com
  • The jewel of the sky is the sun, the jewel of the house is the child.

    (Chinese saying)
  • Children are the bridge to heaven. 

    (Persian saying)
  • The littlest feet make the biggest footprints in our hearts.

    ((unknown))
  • Tujuan pendidikan adalah untuk menggantikan pikiran yang kosong dengan pikiran yang terbuka.

    (Malcolm S. Forbes)
  • Pembelajaran tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat ketekunan.

    (Abigail Adams)
  • Akar pendidikan itu akan terasa pahit, namun buahnya akan terasa manis.

    (Aristotle)
  • Hiduplah seakan kamu akan mati besok, belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya.

    (Mahatma Gandhi)
  • Pendidikan adalah tiket ke masa depan, hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinyasejak hari ini.

    (Malcolm X)
  • Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.

    (John Dewey)