Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Tips Bayi Tidur Nyenyak

February 27, 2021 by 3Dpotret Team0
Tips-Bayi-Tidur-Nyenyakk-1200x791.png

Setelah si kecil lahir, kehidupan Bunda pun berubah, termasuk rutinitas harian, terutama waktu tidur. Ibu yang baru memiliki bayi mungkin merasa kesulitan mencari cara agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

Bayi baru lahir belum memiliki pola tidur teratur. Seringkali di tengah malam, mereka terbangun karena popok yang basah atau kelaparan.

 

ada beberapa trik yang bisa Bunda terapkan untuk membuat Si Kecil terlelap sepanjang malam antara lain :

 

1.Menyusui bayi

 

“Salah satu penyebab bayi tidur gelisah di malam hari adalah dia lapar. Untuk itu, Bunda disarankan memberinya dream feed. Ini istilah untuk ibu menyusui bayinya di antara jam 10 malam sampai tengah malam. Cara membuat bayi tidur ini bisa dicoba karena dream feed dapat membuat bayi tidur lebih lama,” papar Young.

 

Saat menyusui bayi, bila dia ada di boks, tetap redupkan lampu dan angkat dia pelan-pelan dari boksnya. Lalu, posisikan dengan tepat sehingga bayi bisa melakukan pelekatan dengan baik. Dalam kondisi setengah mengantuk, Bunda bisa memastikan mulut bayi berada di puting, kemudian susui. Setelah itu, taruh bayi pelan-pelan di boksnya. Ini bisa jadi cara menidurkan bayi setelah menyusu di malam hari yang efektif buat Bunda.

 

  1. Atur waktu tidur

 

Bayi yang baru lahir membutuhkan pengasuhan dan sentuhan lembut. Bayi yang baru berusia sekitar 6-12 minggu diketahui memiliki waktu tidur malam hari yang lebih banyak, durasinya 8-10 jam.

 

Biasanya, bayi yang berusia sekitar 8 minggu tidur selama 6 jam di malam hari tanpa harus diberi makan. Fakta ini harus jadi panduan Mama untuk mengatur jam tidur si Kecil. Jadi, jika Mama ingin memiliki kualitas tidur yang cukup, kondisikan bayi mama untuk tidur pukul 22.00 berbarengan dengan Mama tidur. Ia akan tidur nyenyak sampai kira-kira jam 4 pagi.

 

Bagaimana cara menahan bayi untuk tidak tidur sebelum jam 22.00? Ajaklah ia beraktivitas, misalnya dengan mengajaknya mengobrol, membacakan cerita, atau mendengarkan musik. Dengan kegiatan-kegiatan itu, bonding berkualitas akan tercipta.

 

  1. Kenalkan rutinitas tidur yang baik

 

Mitos membiarkan bayi tidur sendiri dan mengabaikannya waktu ia menangis, akan membuat tidurnya nyenyak, adalah salah. Ada cara yang lebih lembut dibandingkan cara itu.

 

Mulailah dengan mengenalkan rutinitas tidur yang konsisten kira-kira dimulai sekitar 1 jam sebelum waktu tidurnya tiba. Gunakan ritual sederhana, seperti mengganti bajunya, mengelap tubuhnya, meredupkan lampu, dan menyanyikan lagu atau membacakan doa. Baiknya, lagu dan doa ini isinya sama setiap malam, untuk menandakan tibanya waktu tidur. Tetaplah di samping tempat tidurnya sambil menepuk-nepuk punggungnya hingga si Kecil lelap.

 

  1. Beri si bayi teman tidur

 

Selain mengantarkan tidur dengan nyanyian atau dongeng, mainan teman tidur bisa membantu si Kecil lebih nyenyak. Teman tidur ini membuatnya merasa lebih aman saat terbangun tanpa ada Mama di sisinya. Secara tidak langsung, ini juga menanamkan kemandirian pada anak.

 

Tapi, hati-hati ya Ma. Pilih teman tidur untuk si Kecil yang tetap aman untuknya. Jangan benda yang terlalu lembut, besar, dan berpotensi menghalangi jalan napas bayi jika tertutup benda itu.

 

  1. Gendong si kecil sebelum tidur

 

Bunda juga bisa membantu menidurkan Si Kecil dengan cara menggendongnya terlebih dahulu. Ketika sudah terlihat mulai mengantuk, segera letakkan Si Kecil di tempat tidur dan biarkan dia tidur dengan sendirinya. Hindari membiarkan Si Kecil terlelap di gendongan Bunda, karena bisa membuatnya terbiasa tidur saat digendong, dan akan membuat Si Kecil lebih sulit untuk tidur sendiri.

 

  1. Buatlah kebiasaan tidur yang membuat bayi nyaman

 

Setiap ibu memiliki cara dan teknik yang berbeda untuk membuat bayi nyaman sebelum tidur, misalnya memandikan bayi sebelum tidur lalu memakaikan baju tidur yang nyaman. Cara lain yang bisa Bunda coba adalah memberikan pijatan yang lembut pada punggung, lengan, dan tungkai Si Kecil.

 

Lakukanlah kebiasaan ini secara konsisten, meski pada akhir pekan. Menurut penelitian, bayi yang selalu menjalani kegiatan yang sama sebelum tidur akan lebih jarang menangis di malam hari, lebih mudah terlelap, dan tidurnya lebih nyenyak.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2022. All rights reserved.