Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Hal – hal yang Harus Dihindari Saat Memandikan Bayi

January 12, 2022 by admin ku
3dpotret6.jpg

Keamanan si kecil adalah hal utama yang perlu di perhatikan ketika memandikan si kecil. Apalagi jika Bunda baru pertama kali melakukannya, pasti akan terasa kaku dan bingung.Moms yang pertama kali melakukannya, pasti menjadi momen yang mendebarkan. Tak sedikit moms yang merasa gugup dan takut melukai bayi, mengingat tulang dan struktur tubuh mereka yang masih rapuh.

Sebelum memulai memandikan bayi, kumpulkan semua perlengkapan seperti handuk, sampo, shower gel, pelembap, pakaian, popok.Selain itu, berikut tujuh hal yang perlu dihindari saat memandikan bayi :

  1. Meninggalkan bayi sendirian

Bayi belum mampu menahan lehernya, sehingga air di dalam bak mandi bisa berbahaya bagi bayi yang baru lahir.Jika moms harus meninggalkan ruangan, gendonglah bayi atau minta seseorang untuk menemani dan mengawasi bayi sementara moms meninggalkannya.

  1. Tidak perlu air banyak

Jika bayi berusia di bawah tiga bulan, moms dapat memandikannya bergantian, sehari cukup dilap baru keesokannya dimandikan dengan air. Jangan menyiramkan terlalu banyak air pada bayi karena bisa membuatnya merasa tercekik.

  1. Mengabaikan rasa tidak nyaman pada bayi

Rasa tidak nyaman yang terkadang ditunjukkan ketika merasa tidak suka untuk dimandikan.Tips memandikan bayi baru lahir yang menangis saat akan mandi ini adalah dengan melakukan alternatif seperti mengusap mata dan wajah bayi dengan menggunakan waslap yang sebelumnya dicelupkan ke dalam air hangat. Setelah bagian wajah, Moms bisa melanjutkan untuk membasuh bagian tubuh bayi lainnya dengan trik yang sama.

  1. Cek temperature air

Supaya aman sangat penting untuk moms mengecek suhu air sebelum memasukan si bayi ke dalam air. Air untuk mandi sebaiknya jangan terlalu hangat, dan juga jangan terlalu dingin, cara untuk mengujinya yaitu dengan lengan atau siku Bunda. Jangan menuangkan air lagi setelah bayi sudah berada didalam air.

  1. Tidak Menggunakan Sabun Khusus Bayi

Hal ini tentunya harus moms hindari kalau tak mau kulit Si kecil gatal-gatal atau sampai iritasi. Menggunakan sabun seadanya atau sabun orang dewasa untuk memandikan bayi merupakan cara yang benar-benar salah. Hal ini karena kulit bayi tentunya sangat berbeda dengan orang dewasa, dimana masih sangat rentan dan sensitif terhadap benda yang masuk atau menempel pada kulitnya. Nah, moms harus memerhatikan betul penggunaan sabun yang digunakan untuk memandikan Si kecil yaa

  1. Tidak lama-lama

Bayi sebaiknya juga tidak dimandikan terlalu lama. Secara bertahap dengan bertambahnya usia, waktu mandi dapat diperpanjang hingga maksimal 10 menit. Mengingat waktu yang demikian pendek, maka sebelum memandikan tepatnya sebelum melepaskan baju bayi siapkanlah perlengkapan mandi terlebih dahulu.

  1. Jangan Memandikan Si Kecil Jika Ia Baru Selesai Makan

Sebisa mungkin, jangan memandikan si kecil jika ia baru saja selesai makan. Biasanya, bayi baru lahir akan muntah setiap kali selesai makan. Jika moms memandikannya selepas makan, bukan tidak mungkin si kecil akan muntah di dalam ember mandinya. Moms jadi harus memandikannya ulang dengan air hangat yang baru.

  1. Jangan biarkan bayi kedinginan

Setelah memandikan, segera tepuk-tepuk bayi Anda. Tutupi kepalanya dengan handuk kering baru agar bayi tidak kedinginan. Menutup kepala penting karena rambut di kepala lebih sedikit dan lebih cepat masuk angin.Ketika bayi mandi, mulailah dengan membasuh tubuh bayi terlebih dahulu baru diakhiri dengan mencuci rambut agar kepalanya tidak basah dalam waktu yang lama.

admin ku

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.