Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Manfaat Berolahraga Bagi Ibu Hamil

November 10, 2020 by 3Dpotret Team0
8-Manfaat-Olahraga-bagi-Ibu-Hamil-alodokter.jpg

Hampir seluruh ibu hamil tidak mau untuk berolahraga karena takut kelelahan dan takut akan membahayakan janinnya. Namun sebenarnya, berolahraga memiliki banyak manfaat seperti meringankan rasa sakit, meningkatkan kebugaran tubuh ibu hamil dan membantu kelancaran proses persalinan nanti.

Ibu yang sedang mengandung, bukan berarti harus isitrahat dan tak melakukan apapun. Justru ibu hamil dianjurkan untuk olahraga walaupun sedang mengandung. Tentunya dilakukan apabila ibu hamil merasa nyaman.

Berikut Manfaat Berolahraga Bagi Ibu Hamil

Mengurangi stres dan meningkatkan semangat

Kehamilan dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan ibu hamil mudah merasa stres. Hal ini dapat berpengaruh pada mental ibu hamil. Namun dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan lebih banyak zat serotonin dan endorfin, yang berguna untuk membaikkan suasana hati  dan ibu hamil pun menjadi lebih bersemangat.

Mengurangi rasa sakit atau nyeri

Manfaat olahraga bagi ibu hamil yang berikutnya adalah membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang muncul selama periode kehamilan. Jika ibu hamil mengalami sakit pinggang, panggul dan nyeri pada kaki, ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur. Adapun olahraga yang baik untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri, yaitu berjalan kaki, berenang, senam hamil dan yoga untuk ibu hamil.

Menurunkan risiko komplikasi kehamilan

Manfaat berolahraga bagi ibu hamil yang berikutnya adalah mencegah risiko komplikasi saat kehamilan. Saat periode kehamilan, kadar gula darah dalam tubuh cenderung tinggi, dan ibu hamil rentan terkena diabetes gestasional. Olahraga juga dapat menurunkan resiko preeklamsia dan menjaga tekanan darah normal saat hamil.

Memudahkan penurunan berat badan setelah melahirkan

Berolahraga secara rutin mampu menurunkan risiko berat badan yang berlebihan selama kehamilan. Olahraga juga dapat membuat berat badan mudah turun setelah melahirkan.

Mempermudah proses persalinan

Berdasarkan penelitian, olahraga saat hamil dapat mempermudah proses persalinan. Dengan berolahraga, otot panggul dan sistem peredaran darah menjadi semakin lancar.  Dengan berolahraga, ibu hamil memiliki stamina yang lebih tinggi untuk mendorong janin keluar dari rahim.

 

Membantu Tidur

Kebanyakan ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang pas. Namun dengan berolahraga ibu hamill tidak perlu bersusah payah mencari posisi tidur yang pas. Setelah berolahraga kondisi tubuh menjadi letih sehingga membuat Bumil  tertidur lebih cepat, lelap dan dalam waktu yang lama.

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3DPotret 2020. All rights reserved.