Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Kebutuhan Gizi Untuk Bayi

March 21, 2021 by 3Dpotret Team0
v-1200x791.png

Gizi adalah asupan yang sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil. Gizi baik membantu perkembangan anak secara maksimal. Sebaliknya jika terjadi kekurangan gizi atau dikenal dengan istilah malnutrisi bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan pada si kecil, seperti adanya hambatan pada pertumbuhan tulang, degeneratif otak, lemah otot, bahkan gangguan mental. Jadi orang tua harus bisa memahami kebutuhan gizi si kecil agar selalu terpenuhi dengan baik .

 

Bayi merupakan individu yang berusia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Perkembangan yang pesat ini kerap diistilahkan sebagai periode emas sekaligus periode kritis. Periode emas dapat diwujudkan apabila pada masa ini bayi memperoleh asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembang optimal. Sebaliknya apabila bayi tidak memperoleh kebutuhan gizinya, maka periode emas akan berubah menjadi periode kritis. Periode kritis akan mengganggu tumbuh kembang bayi dan anak, baik pada saat ini maupun masa selanjutnya .

 

Awal masa kehidupan bisa dikatakan sebagai masa-masa penting di mana pertumbuhan si kecil berkembang dengan sangat pesat. Itu sebabnya, nutrisi si kecil harus diperhatikan dan dipenuhi dengan baik, termasuk aturan pemberian makanan yang tidak boleh sembarangan.

 

Lalu, bagaimana cara tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi setiap harinya?

 

  1. Zat Besi

 

Jenis mineral satu ini memberikan peranan penting khususnya produksi hemoglobin. Zat besi mempunyai fungsi yang digunakan untuk memperlancar sel darah merah yang bekerja sebagai pembawa oksigen untuk seluruh tubuh. Zat besi juga membantu perkembangan si kecil untuk bagian motorik dan memori pada otak. Jadi pastikan jika si kecil bisa mendapatkan paling tidak 11 mg zat besi yang bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti ayam, daging sapi, ikan, brokoli, telur dan masih banyak lainnya

 

  1. Vitamin D dan Kalsium

 

Kalsium sendiri memang sangat baik dalam mengembangkan tulang kuat dan kebutuhan vitamin D membantu tubuh si kecil dalam menyerap kebutuhan kalsium. Susu formula dan ASI memang sudah bisa memberikan kebutuhan kalsium untuk si kecil. Namun anda tetap perlu menyediakan asupan kedua kebutuhan gizi tersebut yang bisa didapatkan dari ikan dan telur.

 

  1. Lemak dan Minyak

 

Kelompok ini sebaiknya diberikan untuk melengkapi, bukan menggantikan makanan dari kelompok lain. Yang termasuk kelompok ini adalah sumber lemak yang berupa minyak seperti minyak zaitun, minyak sayur, minyak kedelai, mentega. Lemak dan minyak memberikan energi, asam lemak omega 3 dan 6, dan vitamin A, E dan D. Kelebihan lemak dan minyak bisa menyebabkan obesitas, jadi gunakan dengan bijaksana.

 

  1. Karbohidrat

 

Yang termasuk karbohidrat: Produk roti, sereal (termasuk mie dan beras) serta kentang. Kelompok ini memberikan energi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Berikan seporsi karbohidrat di setiap makan dan saat makan makanan selingan.

 

  1. Omega 3

Kandungan satu ini memang sudah dikenal fungsinya untuk kesehatan jantung. Untuk kebutuhan si bayi, nutrisi satu ini mempunyai fungsi lainnya yaitu bisa membantu perkembangan mata dan otak. Terdapat berbagai penelitian juga mengatakan jika kandungan omega 3 juga bisa membantu tubuh anda dalam menyerap kebutuhan vitamin E dan A. Omega 3 sendiri bisa anda dapatkan dari olahan tuna, alpukat, salmon, minyak zaitun, dan masih banyak lainnya.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2020. All rights reserved.