Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Tips Memakaikan Bedak yang Benar Untuk Bayi

March 24, 2021 by 3Dpotret Team0
bedak-untuk-bayi.jpg

Bedak bayi adalah produk yang tidak terpisahkan dari perawatan bayi . Meski ada yang meragukan manfaat dan keamanannya, sebenarnya jika digunakan dengan benar dan bunda pun pandai dalam memilih bedak bayi yang aman, maka bedak bayi dapat memberikan manfaat yang baik bagi perawatan kulit si bayi .

 

Membedaki bayi sehabis mandi merupakan hal yang sering dilakukan oleh para orang tua. Meski sudah menjadi kebiasaan, nyatanya masih banyak orang tua yang belum paham cara yang benar untuk memakaikan bedak ke tubuh bayi.

 

Seperti penggunaan produk perawatan bayi lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memakaikan bedak pada bayi

 

Berikut tips memakaian bedak yang benar untuk bayi :

 

 

  1. Pilih bedak bayi yang tidak mengandung talc atau free talc

 

sebaiknya cari yang berbahan utama alami dan organik, sebab cenderung lebih aman seperti Cornstarch.

 

  1. Pastikan kulit bayi kering sebelum menggunakan bedak

 

Biasanya, bedak diaplikasikan ke tubuh bayi setelah mandi. Ibu memakaikan bedak supaya kulit bayi lembut dan wangi. Sayangnya, ibu sering menggunakannya saat kulit bayi masih basah dan lembap. Akibatnya, bedak menempel di kulit bayi dan menjadi lengket. Hal ini dapat membuat kulit si kecil gatal-gatal, bahkan iritasi.

 

Untuk itu, pastikan kuliit bayi sudah kering dengan sempurna saat mengaplikasikan bedak. Terutama di bagian lipatan-lipatan tubuh bayi. Tepuk-tepuk handuk ke seluruh bagian tubuh si kecil secara perlahan. Tunggu sekitar 5 menit hingga kelembapannya berkurang. Cara ini lebih efektif untuk mengeringkan kulit bayi.

 

  1. Jangan beri bedak saat bayi berkeringat.

 

MemakaikanĀ  bedak ketika kulit bayi tengah berkeringat dikhawatirkan dapat memicu biang keringat. Sehingga tunggu sesaat sampai keringat bayi menghilang dahulu sebelum memakaikan bedak pada bayi .

 

  1. Hindari daerah selaput lender dan wajah

 

Prinsip pemberian bedak bayi yang aman adalah tidak boleh mengenai daerah selaput lendir, yaitu seperti area kelamin. Untuk lebih amannya, hindari penggunaan di area popok. Begitupun dengan penggunaan di bagian wajah, karena dikhawatirkan akan terhirup.

 

  1. Taburkan Bedakbke tangan bunda

 

Taburkan sedikit bedak ke tangan bunda, lalu usapkan pada tubuh bayi yang ingin dibedaki, seperti di bagian perut, dada, punggung, ketiak, dan leher. Tak perlu berlebihan dan tak perlu ditepuk-tepuk dengan spons agar bedak tidak berterbangan.

 

  1. Hindari juga menggunakan bedak bayi di area luka

 

Terkadang, kulit bayi mudah sekali terkena luka karena masih tipis dan sensitif. Umumnya, luka terjadi karena garukan ataupun gesekan pakaian yang dialami si kecil. bunda zaman dulu berpikir bedak bayi bisa meredakan luka-luka tersebut. Padahal, kenyataannya justru terjadi sebaliknya.

 

Ketika bagian yang luka ditaburi bedak, si kecil akan merasa perih dan gatal. Bahkan, bayi bisa mengalami peradangan. Ini karena residu bedak bayi yang tersisa membuat kuman-kuman ikutan mengendap. Sebaiknya, bila bayi terluka, bunda bisa memberikan krim anti-ruam untuk meredakan rasa nyeri dan perihnya.

 

  1. Bersihkan dengan saksama

 

Bagian tubuh yang dipakaikan bedaki (terutama di bagian lipatan) harus digosok dengan lembut hingga bersih saat bayi dimandikan.

 

Jangan lupa untukĀ  selalu menutup wadah bedak dengan rapat setiap selesai digunakan dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2020. All rights reserved.