Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Manfaat Memijat Bayi

March 25, 2021 by 3Dpotret Team0
Manfaat-Memijat-Bayi-1-1200x1200.png

Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yng krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil .

 

Pijatan lembut terbukti memberikan banyak manfaat baik bagi bayi, apabila dilakukan secara tepat dan rutin.

 

Tidak hanya melalui pijatan, bayi juga dapat merasakan manfaat pijat bayi saat ia bersentuhan langsung atau mendapatkan kontak kulit dengan orang yang memijatnya. Sentuhan fisik ini dapat membuat bayi merasa senang dan nyaman.

 

Waktu yang tepat untuk memijat bayi adalah saat si Kecil tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar. Bila si Kecil sedang dalam mood yang baik, ini merupakan waktu yang tepat untuk berinteraksi melalui pijatan.

Memijat sebelum waktu tidur malam juga baik untuk menenangkan dan membuatnya rileks sebelum waktu tidur.

 

Beberapa hal yang perlu bunda siapkan sebelum memijat :

 

– Ruangan yang nyaman dan bebas gangguan untuk melakukan aktivitas pijat bayi.

– Menyiapkan segala keperluan: krim/minyak pijat, handuk, baju ganti.

Memainkan musik yang rileks untuk stimulasi.

 

Berikut manfaat memijat bayi :

 

  1. Membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman

 

Pijatan pada bayi dapat merangsang sistem saraf pusat. Sentuhan fisik pada bayi akan mengirim sinyal ke otaknya untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, yaitu hormon yang dapat membuat perasaan lebih bahagia dan nyaman.

Kedua hormon ini juga bermanfaat dalam membantu mengurangi nyeri yang dirasakan bayi.

 

  1. Membuat Bayi Merasa Lebih Tenang

 

Tidak ada salahnya bunda mencoba melakukan pijatan sederhana di rumah pada bayi. Proses pijat yang dilakukan bunda bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ikatan kedekatan antara ibu dan anak. Gunakan minyak yang aman untuk kulit bayi, lakukan pijatan saat bunda dalam keadaan nyaman dan tenang. Sentuhan dari bunda bisa membuat otak bayi meningkatkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini dapat membuat bayi lebih tenang, bahagia, dan nyaman.

 

  1. Melancarkan Pencernaan

 

Pijat untuk bayi dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang dialami oleh bayi-bayi yang baru dilahirkan. Sebelum melakukan pijatan pada bagian perut bayi, sebaiknya bunda mencari tahu informasi mengenai proses pemijatan bayi yang baik dan aman.

 

  1. Mengurangi risiko bayi mengalami kolik dan kembung.

 

Efek pijatan bagi perut bayi lainnya adalah mengurangi risiko bayiv mengalami kolik dan kembung. Keduanya merupakan gangguan yang sering dialami oleh bayi baru lahir yang disebabkan oleh sistem pencernaan yang belum berkembang sempurna. Pijatan akan melancarkan pergerakan usus dan pencernaan. Dengan begitu, bayi mengalami kembung dan kolik pun dapat diminimalisir.

 

  1. Melatih indra dan sensitivitas.

 

Pijat bayi juga dapat melatih indra peraba dan sensitivitas berkat sentuhan lembut dan berirama yang ia terima. Bayi akan mampu membedakan mana sentuhan yang tepat dan yang terlalu keras.

 

  1. Menaikkan berat badan.

 

Berdasarkan sebuah penelitian, bayi yang mendapatkan pijatan menunjukkan kenaikan berat badan dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah mendapatkan pijatan. Manfaat ini dapat lebih optimal jika diiringi dengan penggunaan minyak pijat, karena adanya efek hangat yang diberikan minyak tersebut mampu membuat bayi mencerna ASI secara lebih maksimal.

 

  1. Meningkatkan kepadatan tulang.

 

Bagi bayi prematur, pijat bayi dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, pijatan lembut juga akan membuat otot-otot bayi menjadi lebih fleksibel dan kuat.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2020. All rights reserved.