Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

ASI Penyebab Ruam Susu Pada Bayi?

December 10, 2021 by admin ku
lucy-wolski-sljmgxyzmqM-unsplash-1200x800.jpg

Dalam dunia medis,ruam susu pada bayi disebut dengan eksim atau dermatitis atopik. Banyak yang berpikir bahwa ruam susu tersebut disebabkan oleh ASI. Namun, nyatanya tidak.Lalu, apakah penyebab ruam susu?

Penyebab Ruam Susu

Eksim atau eksema merupakan peradangan pada kulit yang menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal. Kondisi ini juga disertai dengan kulit yang memerah, kering dan pecah-pecah.Penyebab eksim memang belum dapat dipastikan. Namun, ruam atau bintik kemerahan khas eksim yang menyebabkan pipi bayi merah, bersisik, dan terasa gatal tidak disebabkan oleh konsumsi atau paparan susu (ASI).

Ketika ibu memakan makanan yang dapat memicu reaksi peradangan pada kulit, zat-zat tersebut akan tersalurkan ke dalam tubuh bayi lewat ASI yang ia minum.itu kenapa kemudian banyak ibu hamil dan menyusui biasanya diberikan pantangan makanan tertentu, misalnya pantang makan telur, kacang-kacangan, dan produk yang mengandung susu. Dari pemahaman inilah istilah eksim susu mulai digunakan untuk menjelaskan kemunculan eksim pada bayi.

Namun anggapan tersebut tidaklah benar,hingga kini penyebab umumnya dipicu oleh faktor genetik dan lingkungan seperti paparan polusi udara,suhu panas,tungau,maupun kuman kecil yang ada didalam ruangan atau udara.penyebab eksim juga berkaitan dengan respons sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif terhadap iritan atau alergen. Respon inilah yang menyebabkan munculnya gejala eksim.

admin ku

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.