Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Dampak Negatif Sering Berbohong Pada Anak

December 16, 2021 by admin ku
3dpotret1.jpg

Berbohong agar segalanya lebih mudah dan cepat selesai bukanlah solusi yang baik.Banyak dari orangtua melakukan kebiasaan buruk ini pada anaknya dan beranggapan apabila hal tersebut biasa saja.Padahal, berbohong pada anak dapat menyebabkan banyak dampak buruk ketika ia beranjak dewasa. Hal tersebut karena dirinya mengetahui apabila banyak hal yang dikatakan oleh orangtuanya adalah suatu kebohongan. Sehingga, dirinya beranggapan apabila perilaku bohong adalah hal yang biasa.Sebuah studi psikologi juga menunjukkan terdapat beberapa efek buruk berbohong pada anak.

Berikut dampak negatif akibat sering berbohong pada anak:

Hilangnya rasa kepercyaan anak terhadap orang tua: dampak negatif sering berbohong pada anak yang sangat mungkin terjadi adalah dapat mengikis atau membuat anak kehilangan kepercayaan pada orangtuanya.Saat dirinya tahu telah dibohongi,akan tertanam dalam benak mereka apabila orangtuanya bukanlah orang yang dapat dipercaya. oleh karena itu, dengan berbicara jujur kamu dapat menghindari hal tersebut terjadi.

Anak akan meniru: anak adalah cerminan dari orangtuanya.Apalagi jika hal itu terjadi di saat-saat masa tumbuh kembang anak,mereka bisa dengan mudah mengikuti apa yang dilakukan orangtuanya.

Berbohong adalah hal yang wajar: anak akan menganggap bahwa berbohong adalah hal yang biasa atau bahkan sebagai jalan keluar terhadap masalah yang mungkin terjadi.

Menimbulkan efek buruk saat dewasa: Saat anak merasa dibohongi, ada perasaan dendam dalam dirinya yang timbul. Sehingga, anak tersebut dapat melakukan perbuatan yang buruk, seperti agresi, tidak taat aturan, hingga bersifat impulsif.

admin ku

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.