Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Kesalahan Orangtua Dalam Mendisiplinkan Anak

November 2, 2020 by 3Dpotret Team0
Tips-dan-Cara-Menasehati-Anak-yang-Keras-Kepala1.jpg

Pentingnya mendisiplinkan anak dalam kehidupannya bisa berdampak pada keteraturan anak menjalankan rutinitas dan bagaimana cara mereka bertanggung jawab pada setiap konsekuensi pilihan. Selain itu, mendisiplinkan anak juga bagus untuk kepribadian dan hubungan sosialnya sekarang hingga dewasa.

Yang dimaksud Mendisiplinkan anak bukan dengan cara memarahinya dan memberinya hukuman agar ia jera. Namun dengan cara berbicara kepadanya dengan halus.

Berikut Kesalahan Orangtua dalam mendisiplikan anak:

 

Marah Saat Mendisiplinkan Anak

Pada saat anak kita berbuat salah, Kebanyakan sang ibu pasti menasehati dengan cara memarahi  anaknya atas kesalahan yang telah diperbuat. Namun, dengan memarahinya, sang anak justru menganggap perkataan ibu itu tidak penting dan mengabaikan nasehat ibu yang telah disampaikan tersebut.

Yang harus kita lakukan sebagai ibu adalah,  dengan cara mengambil waktu untuk cooling down. Tarik napas dan menyingkirlah sejenak untuk menguasai emosi. Jika sudah tenang jelaskan tentang kesalahan anak dan kemukakan apa yang seharusnya anak lakukan.

Beranggapan Bahwa Mendisiplinkan Anak Berarti Menghukum

Kebanyakan orrang tua berpendapat bahwa mendisiplinkan anak berarti menghukum. sebenarnya, mendisiplinkan anak berarti memberi anak batasan jelas tentang sesuatu. Ada aturan yang perlu anak patuhi dan rutinitas teratur yang perlu dijalani.

Mendisiplinkan anak berarti membantu anak membuat pilihan yang tepat dalam menjalani kehidupannya. Mendisiplinkan anak  berarti memberitahu mereka mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan bagi dirinya.

 

Memukul Anak

Mendidik anak dengan kekerasan sangat tidak efektif untuk mendisiplinkan anak. Mungkin anak akan terlihat patuh, namun mental anak akan akan hidup dalam ketakutan dan trauma. Anak yang hidup sering mendapatkan bentakan dan dipukul  cenderung akan mengalami banyak gangguan dalam tumbuh-kembangn

Yang dimaksud mendisiplinkan anak bukan berarti memarahi, membentak, bahkan memukulnya. Justru Sebaliknya kita harus menasehatinya dengan baik baik.

 

Semooga Bermanfaat 🙂

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2022. All rights reserved.