Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Pentingnya Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

November 5, 2020 by 3Dpotret Team0
6-tanda-si-kecil-siap-sekolah-bukan-usia-anak-masuk-paud-1584900942.jpg

Kebanyakan para orang tua terlalu memanjakan buah hatinya. Tujuan Ibu memanjakan anaknya adalah untuk menjadi lebih bersahabat dan mendapatkan  hati anaknya. Jika ibu terlalu memanjakan anaknya, maka dampak negatif memanjakkan anak pun mulai terlihat. Namun Jika  tidak mendisiplinkan anak sejak dini dan cara mendisiplinkan anak nya salah, tentu hal ini tidak baik, karena nantinya anak akan menjadi terbiasa tidak disiplin dan selalu manja kepada orangtuanya.

Beberapa psikolog mengatakan bahwa perilaku yang seperti itu berkaitan dengan pengajaran disiplin sejak usia dini. Sebagian lagi mengatakan, perilaku seperti itu menjadi tanda orangtua gagal menegakkan otoritas.

Di Usia Berapakah Menerapkan Kedisiplinan pada Anak?

Sedini mungkin. Tentu tergantung pada perilaku apa yang ingin dibentuk serta disesuaikan dengan tahap perkembangan anak.

 

Seberapa Penting Mendisiplinkan Anak?

Sangat Penting!. Karena Pada Dasarnya Displin adalah upaya orangtua mengenalkan anak pada aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungan. Oleh karena itu,  mendisiplinkan anak memang harus dimulai sejak usia dini, tentu disesuaikan dengan tingkatan usia.

 

Apa Akibatnya Jika Disiplin Terlambat Dilakukan?

menerapkan disiplin sejak dini akan membantu anak mengenal aturan dan menampilkan perilaku sesuai tuntutan lingkungan dan orangtua. Anak tidak bertindak dengan aturannya sendiri, melainkan belajar berkompromi antara dirinya dengan tuntutan-tuntutan yang ada di lingkungan sekitarnya. Kebiasaan disiplin dalam keluarga yang sudah ditanamkan sejak dini akan membantu anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan aturan pada lingkungan baru yang dimasuki, misalnya sekolah.

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3DPotret 2020. All rights reserved.