Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Cara Mendisiplinkan Anak

November 6, 2020 by 3Dpotret Team0
mengajari-anak-disiplin.jpg

Menasehati Anak

Bila orangtua kehilangan kesabaran dan reaksinya berlebihan, terhadap sikap anaknya yang kurang baik, cobalah untuk diam sejenak, dan menghela nafas untuk menenangkan diri kita, setelah itu cobalah bertanya mengapa ia bersikap kurang baik, berikan ia kesempatan untuk menjelaskannya. Setelah dia menjelaskan alasannya, barrulah anda menasehatinya dengan halus untuk tak melakukan hal yang kurang baik itu lagi.

 

Jika kedua orang tua menunjukkan rasa hormat dan menghargai  buah hatinya, maka sang anak akan cenderung lebih menghargai dan menghormati orangtuanya dibanding orang lain.

 

 Memberi Contoh Yang Baik

Orang tua yang selalu marah dan berteriak pada anak,  kelak ketika anak  sudah dewasa  juga suka meneriakkan kemarahannya. Orang tua yang memberi contoh bagaimana mengendalikan amarah dengan ketenangan juga memiliki anak-anak yang bersikap sama. Anak-anak adalah peniru yang hebat dan melakukan apa yang mereka lihat dan dengar. Maka dapat disimpulkan Kita sebagai Orangtua harus memberi contoh yang baik untuk anak kita.

 

Memberi batasan

Sungguh penting buat orang tua untuk menetapkan batasan pada anak meski harus menuai protes. Cobalah menetapkan batasan apa saja yang bisa dan boleh dilakukan anak-anak tapi bersifat tidak mengekang.

 

Memberi batasan kepada anak sangatlah penting walaupun harus menerima protes dari anak. Anda bisa mencobanya dengan memberi batasan apa saja yang bisa atau boleh dilakukan oleh anak, dan melarangnya bertindak berlebihan, tentunya yang bersifat tidak mengekang.

 

Beri Perhatian pada Anak

Luangkan waktu sejenak untuk memberi perhatian seperti menyanjung anak kita namun jangan berlebihan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa kaku atau tegang ketika anak kita menjalani kedisiplinan.

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3DPotret 2020. All rights reserved.