Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Tips Membuat Bayi Cepat Ngantuk dan Tertidur Pulas

March 22, 2021 by 3Dpotret Team0
v-3-1200x791.png

Menidurkan bayi merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan.

 

Bayi belum memiliki kemampuan untuk membedakan siang dan malam. Hal itu membuat pola tidurnya kerap kali tak teratur.

 

Fase tidur bayi masih sering kacau. Ia sering terbangun di malam hari, susah tidur begitu dibaringkan di kasur, dan sedikit-sedikit harus digendong.

 

Terkadang orangtua kerap kebingungan mencari cara agar bayi cepat tidur pulas .

 

Berikut tips membuat bayi cepat mengantuk dan tertidur pulas

 

  1. Perhatikan tanda-tanda mengantuk

 

Pertanda ngantuk seperti menguap biasanya menjadi isyarat agar orangtua mulai menidurkan bayi. Selain menguap, ada beberapa tanda mengantuk lainnya yang perlu diperhatikan, seperti menggosok mata, menangis, hingga rewel. Jangan tunggu hingga bayi kelelahan untuk menidurkannya. Pertahankan rutinitas tidur serta perhatikan tanda-tanda ngantuk tersebut agar aktivitas tidur bayi dapat berjalan cepat.

 

  1. Membentuk rutinitas tidur yang baik

 

Agar bayi cepat tidur dan tidak rewel, moms perlu membuat rutinitas yang teratur untuk bayi. Bentuk rutinitas bayi agar cepat tidur yang sebaiknya moms terapkan sejak dini antara lain:

– Tidur siang pada waktu yang sama

– Menghindari tidur saat hari menjelang sore

– Menidurkan di ruang/tempat tidur yang sama, supaya terbentuk mindset lokasi istirahat

 

  1. Susui bayi

 

Salah satu penyebab bayi tidur gelisah di malam hari adalah dia lapar. Untuk itu, para moms disarankan memberinya dream feed. Ini istilah untuk ibu menyusui bayinya di antara jam 10 malam sampai tengah malam. Cara membuat bayi tidur ini bisa dicoba karena dream feed dapat membuat bayi tidur lebih lama .

 

Saat menyusui bayi, bila dia ada di boks, tetap redupkan lampu dan angkat dia pelan-pelan dari boksnya. Lalu, posisikan dengan tepat sehingga bayi bisa melakukan pelekatan dengan baik. Dalam kondisi setengah mengantuk, moms bisa memastikan mulut bayi berada di puting, kemudian susui. Setelah itu, taruh bayi pelan-pelan di boksnya. Ini bisa jadi cara menidurkan bayi setelah menyusu di malam hari yang efektif buat moms .

 

  1. Tidur siang

 

Anggapan bahwa tidak tidur siang membuat tidur malam menjadi nyenyak adalah salah. Tidur siang tetap menjadi hal yang penting bagi bayi.

Turgeon mengatakan, tidak tidur siang membuat bayi akan merasa lelah. Dan, saat lelah, hormon stres pada bayi akan meningkat. Hormon stres akan membangunkan bayi saat mereka sedang tertidur.

 

  1. Ajak berbaring , jangan terlalu banyak di gendong

 

Jika moms terbiasa menggendong bayi sampai ia mengantuk, ketika dipindahkan ke kasur malah membuatnya terbangun. Meski proses pemindahan sudah dilakukan selembut mungkin, ia bisa mengenali perbedaannya. Hal inilah yang membuatnya kurang tenang.

 

Sebaiknya ajak bayi berbaring sambil mengajaknya berinteraksi. Lama-lama ia akan mengantuk dengan sendirinya karena suasana di sekitar terasa nyaman.

 

  1. Ajak bayi lebih aktif di siang hari

 

Ajak bayi bermain dan lebih aktif di siang hari. Moms juga bisa mencoba melakukan baby gym atau senam bayi. Hal ini bisa membuatnya lebih cepat tidur di malam hari. Namun ingat ya moms ,  jangan mengajak Si Kecil bermain di malam hari atau menjelang waktu tidur.

 

  1. Pastikan popok dalam keadaan kering

 

Popok yang penuh atau cukup basah juga berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan. Sebelum menidurkan bayi di kasur, pastikan popoknya dalam kondisi kering.

 

Bisa juga balurkan minyak telon di bagian pantat dan perutnya untuk memunculkan sensasi hangat.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2022. All rights reserved.