Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Ketahui Penyebab Anak Impulsif

March 4, 2022 by admin ku
Untitled-design-15.png

Impulsif adalah perilaku yang cenderung merusak dan tidak terkontrol akibat tindakan yang dilakukannya tanpa pernah berpikir adanya konsekuensi yang mungkin didapatkan.Biasanya tindakan tersebut adalah bentuk respon emosional mengenai kejadian yang pernah dialami sebelumnya.Meskipun anak menyadari tindakan yang dilakukannya, tetapi ia akan tidak bisa mengontrol dirinya sehingga ia akan mengulangi hal tersebut terus menerus.

Perilaku impulsif yang sering terjadi pada anak yang baru sekolah yaitu seperti anak yang mengerjakan tugas tanpa memperhatikan petunjuk terlebih dahulu, hasil dari tugas itu pun pasti akan salah.

Tanda-tanda anak berperilaku impulsif

Ada beberapa tanda anak mempunyai sifat impulsif, yaitu:

  • Melukai diri sendiri ketika marah, sedih, atau kecewa
  • Emosi yang berlebihan
  • Kurang berusaha, anak akan malas dan mudah cepat menyerah jika diberi tugas atau tanggung jawab.
  • Merusak barang milik pribadi atau orang lain ketika marah
  • Sensasi mencari kesenangan, anak hanya akan terus bersenang-senang meskipun yang dilakukannya salah.
  • Selalu terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu entah itu salah atau benar.

Penyebab perilaku impulsif

Sebenarnya apa yang menyebabkan anak mempunyai sifat yang keras dan tidak bisa ditahan ini? Mereka juga tidak berpikir sebelum melakukan sesuatu dan akan kesulitan untuk mengontrol respon. Berikut penyebab sifat impulsif pada anak.

1. Saraf yang belum berkembang sempurna

Penyebab pertama bisa disebabkan oleh saraf impuls pada anak yang masih belum berkembang dengan sempurna, sehingga jika dibandingkan dengan orang dewasa yang sudah mempunyai saraf impuls yang matang, anak akan lebih berani mengambil tindakan tanpa perlu berpikir konsekuensi.

2. Attention Deficit Hyperactivity Disorder

ADHD adalah jenis gangguan mental pada anak yang menyebabkan ia susah memusatkan perhatian dan cenderung hiperaktif.Anak yang mengidap gangguan ADHD seringkali memiliki sifat impulsif. Anak akan menjadi tidak sabaran ketika menunggu giliran dan cenderung suka memotong pembicaraan orang lain.Keseimbangan yang terjadi pada otak yang mengakibatkan perilaku impulsif pada anak ADHD.

3. Tidak dapat mengekspresikan diri dengan baik

Sifat impulsif anak sering terjadi pada anak yang usianya masih kecil, karena ia cenderung belum bisa mengekspresikan dirinya dengan baik. Ia tidak akan paham apa yang ia rasakan itu sebenarnya perasaan apa, entah senang, sedih, stress, atau frustasi.

4. Stres dan frustrasi

Alasan lain yang bisa menyebabkan anak berperilaku impulsif adalah karena adanya tekanan yang dirasakan. Ketika ia sedang mengalami masalah entah di lingkungan keluarga atau sekolah, bisa saja ia melampiaskan kekesalannya dengan perbuatan impulsif.

5.Adanya Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu penyebab anak impulsif yang sering terjadi. Studi menunjukkan bahwa anak-anak atau remaja yang memiliki anggota keluarga yang sedang berjuang dengan penyakit seperti gangguan mood atau gangguan mental lainnya cenderung lebih rentan untuk mengembangkan gejala gangguan kontrol impuls. 

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!