Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Mainan Edukasi untuk Kecerdaskan Anak

February 7, 2022 by admin ku
3dpotret20.jpg

Kecerdasan anak harus diasah sejak awal. Mengasah kecerdasan anak dapat dilakukan dengan menyediakan mainan anak yang edukatif.Ada banyak pilihan permainan edukasi yang bisa dimainkan bersama anak balita. Dengan bermain permainan yang edukatif, orang tua dapat mengajarkan anak dengan cara yang menyenangkan. Permainan edukatif juga dapat meningkatkan kecerdasan, imajinasi, dan keterampilannya.
Mainan anak yang edukatif ada banyak sekali jenisnya, mulai dari yang sederhana dan bisa dimainkan sendiri hingga yang dimainkan bersama anak-anak lainnya.Berikut beberapa rekomendasi permainan edukasi untuk anak.

1. Mainan Balok

Mainan edukasi yang terbuat dari kayu ini terdiri dari berbagai macam bentuk seperti kubus, persegi panjang, balok, segitiga, lingkaran dan lainnya.Mainan ini bisa disusun menjadi beragam bentuk bangunn seperti rumah-rumahan, gedung tinggi atau bentuk lainnya sesuai imajinasi dan kreatifitas anak. Mainan balok ini akan melatih saraf motorik halus pada anak sekaligus kreatifitas berpikirnya.

2. Kertas Lipat atau Origami

Dengan origami orang tua dapat mengajarkan membuat berbagai macam bentuk seperti bunga, binatang, dan sebagainya. Dengan bermain origami dapat merangsang kreatifitas dan keterampilan serta mengendalikan emosi anak.

3.Puzzle kubus

Permainan ini membuat si Kecil harus mencari cara untuk memecahkan kubus.Ini akan membantu mengembangkan memori, koordinasi tangan-mata, dan juga mengasah kemampuan analitis dan pemecahan masalah. Puzzle kubus ini dapat diberikan untuk anak-anak berusia tiga tahun ke atas

4.Rock-a-Stack

Permainan ini akan membantu anak belajar memilah dan menumpuk. Terlebih lagi, anak akan aktif bergerak.Untuk memulainya, warna cerah dan manik-manik yang berputar dapat merangsang perkembangan visual pada anak-anak, sementara menempatkan cincin di tiang memperkuat koordinasi tangan-mata. Mainan ini juga membantu anak-anak belajar membedakan warna.

5.Mainan Jenga

Jenga adalah mainan anak berupa blok-blok kayu berbentuk persegi panjang yang disusun seperti menara. Cara mainnya, blok harus diambil dan dipindahkan tanpa membuat menara kayu roboh. Permainan jenga akan menguji mental anak sekaligus mengajarinya agar berpikir strategis. 

6.Permainan Alphabet

Jenis permainan ini terdiri dari 25 huruf alphabet dengan warna-warni beragam yang sangat cocok digunakan untuk mengenalkan anak dengan abjad. Seiring dengan berjalannya waktu, permainan ini juga akan membantu anak mengeja beberapa huruf hingga akhirnya bisa menyusun kata dengan baik.

7.Permainan Angka

Sama halnya dengan mainan alphabet, mainan anak edukatif yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengenalkan anak dengan angka. Di mana selanjutnya, permainan angka ini dapat mengasah kecerdasan berpikir anak dalam belajar menghitung dan menggunakan permainan angka tersebut. Sehingga diharapkan kedepannya anak memiliki kecakapan dalam matematika.

admin ku

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.