Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Gejala Anemia Pada Anak dan Cara Mengatasinya

March 10, 2022 by admin ku
3dpotret24.jpg

Anemia merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai khususnya di negara berkembang. Anemia menjadi salah satu masalah gizi yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia, khususnya balita dan sebagian besar disebabkan karena asupan zat besi yang kurang dalam makanan sehari-hari.

Penyebab anemia diartikan sebagai kondisi yang muncul karena rendahnya sel darah merah, kadar hemoglobin, dan hematokrit di bawah normal. Anemia sendiri bukanlah penyakit, tetapi lebih mengarah pada gangguan fungsi tubuh.

Terjadinya anemia kebanyakan disebabkan karena kurangnya zat besi yang terdapat dalam tubuh. Umumnya yang mengidap anemia yaitu bayi maupun anak-anak. Gejala anemia pada anak umumnya terjadi akibat kekurangan zat besi saat ibu masih hamil dan proses tumbuh kembang anak yang tidak disertai dengan kecukupan makanan yang mengandung zat besi maupun pemberian susu formula yang tidak mengandung cukup zat besi.

Penyebab Kekurangan Zat Besi pada Anak

  1. Mengalami gangguan penyerapan makanan yang terjadi dalam usus (malabsorpsi)
  2. Mengalami perdarahan saluran cerna
  3. Pertumbuhan anak yang terlalu cepat
  4. Sering mengalami infeksi
  5. Berat badan yang berlebih
  6. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Perlu diketahui jika serat dikonsumsi terlalu banyak cenderung menghambat penyerapan zat besi.
  7. Memiliki alergi susu sapi

Apa Saja Gejala Anemia pada Anak

Seringnya gejala anemia pada anak di tahap awal tidak menunjukkan apapun. Makanya tidak jarang kasus anemia pada anak baru diketahui saat sudah ada komplikasi akibat anemia. Namun, di bawah ini terdapat gejala anemia pada anak yang bisa terlihat:7

  • Gejala anemia anak yang pertama yaitu jantung yang sering berdebar-debar.
  • Kulit dan mata anak jadi kekuningan atau pucat.
  • Jadi kurang aktif saat berkegiatan.
  • Sering mengalami infeksi dan luka tidak kunjung sembuh.
  • Tumbuh kembang melambat
  • Sering mengalami nyeri di tulang atau bagian tubuh tertentu
  • Mudah mengalami infeksi.
  • Suka sakit kepala
  • Tubuh jadi lemas atau lelah.
  • Anak jadi sulit fokus atau berkonsentrasi
  • Terakhir, gejala anemia pada anak yaitu sering mengalami sesak napas.

Cara Mengatasi Anemia pada Anak

Selain mengetahui penyebab dan gejala anemia pada anak, lalu bagaimana ya cara mengatasinya?  pastikan anda memberikan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin setiap hari agar membantu tubuh menghasilkan sel darah merah dan hemoglobin yang cukup. anda bisa memberikan makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau, kentang, kacang-kacangan, kuning telur, tahu, tempe, daging, ayam, dan ikan.Agar membuat penyerapan zat besi menjadi optimal, perlu juga dibarengi dengan konsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti brokoli, jeruk, stroberi, paprika.

admin ku

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.