Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi

November 12, 2020 by 3Dpotret Team0
1.1.png

Gigi pertama bayi rata-rata tumbuh saat menginjak usia 4 sampai 6 bulan. Gigi pertama yang tumbuh umumnya adalah dua gigi bagian depan dan gigi seri di gusi bagian bawah.

Ketika bayi sedang mengalami pertumbuhan gigi, biasanya si bayi akanĀ  rewel dan merasa tidak nyaman dibagian gusinya. Rasa tidak nyaman ini berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa bulan akibat pertumbuhan gigi yang secara bersamaan.

Untuk mengetahui Si Kecil rewel akibat tumbuh gigi atau karena penyebab lain, berikut ciri-ciri bayi tumbuh gigi yang perlu ibu ketahui, di antaranya:

Gusi bengkak

Untuk mengetahui penyebab bayi rewel karena tumbuh gigi atau karena penyebab lainnya, cobalah untuk membuka mulut bayi secara perlahan.

Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi pada umumnya akan mengalami pembengkakan, berwarna kemerahan dan nampak memar.

Anda juga bisa melihat adanya gigi yang muncul namun samar-samar didalam gusi si kecil yang meradang tersebut.

 

Ruam di sekitar mulut

Pada umumnya bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi, akan timbul ruam ruam disekitar mulut. Hal ini terjadi karena produksi air liur yang berlebih menyebabkan area disekitar mulut menjadi lembab.

Jika anda melihat air liur yang telah membasahi area disekitar mulut si bayi, segeralah untuk membersihkan dengan lap dan tisu bersih untuk mencegah terjadinya ruam.

Tidak nafsu makan

Ciri yang selanjutnya adalah hilangnya atau menurunnya nafsu makan si bayi. Kondisi iniĀ  bahkan membuat mereka menolak untuk makan dan minum sama sekali. Hal ini disebabkan oleh peradangan gusi yang terjadi saat pertumbuhan gigi.

Demam

Selain hilangnya nafsu makan, pertumbuhan gigi juga bisa menyebabkan bayi mengalami demam. Jika suhu tubuh si bayi mencapai lebih dari 38 derajat celsius dan demam berlangsung lebih 2 hari, maka ibu disarankan untuk segera membawa bayi ke dokter.

 

Rewel pada malam hari
Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi biasanya mengalami rewel dan susah tidur dimalam hari. Penyebabnya adalah dikarenakan pertumbuhan gigi mengalami peningkatan pada waktu malam hari.

Untuk menenangkan bayi yang rewel karena sedang mengalami pertumbuhan gigi, bunda bisa melakukan hal ini :

Menggosok gusi si kecil secara perlahan

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat pertumbuhan gigi si kecil, ibu bisa menggosokkan jari ibu ke gusinya dengan perlahan.

 

Memberikan Mainan khusus yang bisa digigit

Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal ketika bayi mengalami pertumbuhan gigi. Namun, mainan ini harus di dinginkan dahulu.

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3DPotret 2020. All rights reserved.