Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Solusi Mengatasi Keluhan Bayi Tumbuh Gigi

November 14, 2020 by 3Dpotret Team0
6-tanda-si-kecil-siap-sekolah-bukan-usia-anak-masuk-paud-1584900942-1.jpg

Pada umumnya bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi akan merasakan gusi yang gatal dan sakit. Akibatnya bayi menjadi tidak nyaman dan rewel. Pada saat Si Kecil tumbuh gigi, Biasanya ditunjukkan lewat tanda-tanda bayi tumbuh gigi sebagai berikut:

  • Suka menarik-narik telinga dan menggaruk pipi.
  • Sering menangis dan rewel
  • Sulit makan dan susah tidur
  • Banyak mengeluarkan air liur
  • Gusi bayi tampak bengkak kemerahan
  • Suka memasukkan tangan ke dalam mulut
  • Suka menggigit jari dan benda-benda di sekitar

.

Setiap bayi pada umumnya menunjukkan gejala tumbuh gigi yang bervariasi. Ada juga bayi pada saat mengalami pertumbuhan gigi , tapi tampak seperti tidak terjadi apa apa pada saat mengalami pertumbuhan gigi.

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Keluhan Yang Muncul Saat Bayi Tumbuh Gigi

berikut tips yang bisa orangtua lakukan ketika bayi sedang rewel karena bayi tumbuh gigi:

Memijat gusi bayi dengan lembut

Untuk meringankan rasa nyeri pada gusi bayi, Bunda bisa memasukkan tangan bunda ke mulut bayi dan memijat gusinya dengan perlahan. Sebelum memasukkan tangan kedalam mulut Si Kecil, tangan harus dalam kondisi yang bersih terlebih dahulu. Selain dengan jari tangan, Bunda juga bisa memijat gusi Si Kecil dengan kain lembut, tentu sebelumnya kain harus dibasahi air.

Berikan Si Kecil mainan khusus yang aman digigit.

Pada saat tumbuh gigi, Bayi seringkali menggigit sesuatu untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri di gusinya. Untuk mengurangi rasa gatal dan nyerinya, Bunda bisa menggunakan Teether atau mainan khusus untuk digigit si kecil. Tapi sebelum diberikan ke si bayi, Dinginkan dulu Theeternya di kulkas. Karena rasa dingin tersebut dapat mengurangi bengkak dan nyeri digusinya.

 

Berikan ASI atau susu formula bayi secara rutin

respon yang berbeda-beda. Ada yang ingin sering menyusu dan juga ada yang justru tdak mau menyusu karena gusinya terasa sakit saat mengisap puting.

Namun, bunda tetap harus memberikan bayi ASI meski Si Kecil tidak mau menyusu. Bila bayi suka menggigit puting bunda,  coba pijit dahulu gusi si kecil. Jika kondisi ibu tidak memungkinkan untuk menyusui, bunda dapat memberikan Si Kecil susu formula  dengan kandungan yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

 

Berikan obat pereda nyeri dengan anjuran dokter

Sebelum memberikan obat pereda nyeri gigi pada bayi, Bunda harus mengonsultasikan ke dokter dahulu dan sesuai anjuran dokter.

Karena obat pereda nyeri, seperti gel dan krim yang mengandung benzocaine, yang dapat menyebabkan kondisi berbahaya yang disebut methemoglobinemia.

Walaupun efek samping ini sangat jarang terjadi, methemoglobinemia dapat menyebabkan jumlah oksigen dalam tubuh bayi berkurang secara drastis, sehingga menyebabkan bayi menjadi sesak nafas, pusing, pucat, dan merasa lemas. Dokter bisa memberikan obat pereda nyeri seperti Paracetamol untuk bayi yang berusia dibawah 3 bulan, dan ibu ibuprofen untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan. Pastikan bunda memberikan obat tersebut sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3DPotret 2020. All rights reserved.