Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Wanita Berhijab

March 23, 2021 by 3Dpotret Team0
v-5-1200x791.png

Banyak orang mengira jilbab sebagai pelindung rambut. Pasalnya, rambut tidak akan terkena paparan matahari, angin, hujan, dan asap polusi .

 

Meski melindungi dari paparan panas dan asap polusi, rambut yang ditutupi kain sepanjang hari justru lebih rentan berkeringat. Hal ini tentu meningkatkan produksi sebum (minyak) berlebih, sehingga memudahkan bakteri dan kuman menumpuk.

 

Berikut tips menjaga kesehatan rambut untuk wanita berhijab :

 

 

  1. Ketahui jenis rambut

 

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Apakah itu lurus, keriting atau bergelombang, dan sangat penting untuk memahami kebutuhan mahkota tersebut.

 

Jenis rambut akan menentukan seberapa sering perlu mencucinya dan produk yang tepat untuk digunakan.

 

Bagi yang memiliki rambut lurus, mungkin bisa mencuci rambut setiap hari dan tentunya dengan memastikan tetap menggunakan kondisioner setiap empat atau lima hari.

 

Sementara yang memiliki rambut keriting atau bergelombang, memiliki cara merawat rambut yang berbeda lagi.

 

Rambut bergelombang disarankan untuk dicuci tiga kali seminggu dan memberikan kondisioner setiap satu atau dua kali sehari.

 

 

  1. Pakai shampo sesuai jenis rambut

 

Umumnya, wanita berhijab cenderung memiliki rambut berminyak dan lembab. Itu sebabnya, usahakan memilih produk sampo dan kondisioner rambut berbahan ringan, terutama untuk kulit kepala yang sensitif.

 

Sampo dan kondisioner berbahan ringan biasanya dapat membantu mengurangi rambut gatal karena berhijab. Sementara itu, produk perawatan rambut dengan bahan yang terlalu keras dapat merusak rambut dan kulit kepala.

 

Perlu diingat bahwa Anda disarankan untuk tidak mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner setiap hari.

 

Terlalu sering keramas dapat mengakibatkan minyak alami di kulit kepala berkurang, sehingga membuatnya semakin kering. Kulit kepala yang terlalu kering juga berpotensi memicu munculnya gatal-gatal .

 

  1. Tetapkan Rutinitas Sampo yang Tepat

 

Hindari untuk mencuci rambut setiap hari. Terlalu sering mencuci rambut akan membuat minyak alami yang ada di rambut menjadi hilang. Hindari mandi dengan air panas karena dapat merusak kulit kepala. Mandi dengan air dingin akan meratakan folikel rambut dan dapat mengurangi kerontokan rambut.

 

  1. Pastikan rambut benar-benar kering sebelum menggunakan hijab

 

Jangan pernah menggunakan hijab saat kondisi rambut basah. Karena kelembapan pada rambut bisa memicu ketombe dan rasa gatal yang tidak nyaman.

 

Selama periode work from home seperti sekarang, mengeringkan rambut cukup dengan diangin-anginkan saja. Tetapi bagi kamu yang harus keluar rumah, gunakan pengering rambut sebelum mengenakan hijab .

 

  1. Gunakan masker rambut secara rutin

 

Cara merawat rambut berhijab selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut secara rutin. Meskipun rambut wanita berhijab tidak terlihat, bukan berarti wanita berhijab tidak perlu melakukan perawatan rambut. Menggunakan masker rambut secara rutin bisa membuat rambut Anda tidak hanya lembut berkilau, tapi juga lebih kuat, sehat, dan tidak mudah mengalami kerusakan.

 

Cara merawat rambut untuk wanita berhijab yang satu ini bisa Anda lakukan di salon maupun di rumah. Anda bisa menggunakan berbagai jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa untuk merawat rambut Anda. Selain itu Anda juga bisa memilih lidah buaya ataupun menggunakan masker rambut yang banyak beredar di pasaran. Gunakan masker rambut 1 hingga 3 kali seminggu.

 

  1. Jangan terlalu kencang mengikat rambut

 

Wanita berhijab, terutama yang berambut panjang, tentunya diharuskan untuk selalu mengikat rambutnya agar rambut tidak berantakan dan keluar-keluar dari hijab. Kebiasaan mengikat rambut ini juga harus Anda perhatikan. Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat rambut menjadi rapuh dan jadi mudah rontok.

 

Ikatlah rambut secukupnya saja, tidak perlu hingga menjadi kaku. Jangan lupa juga melepas ikatan rambut Anda ketika sudah melepas hijab agar rambut dapat bernapas .

 

  1. Sesekali biarkan rambut terurai

 

Biarkan rambut terurai sesekali di rumah dan duduk di bawah sinar matahari – pastikan tidak ada yang melihat Anda, terutama pria. Jepit rambut agar tetap sedikit terurai atau biarkan rambut terbuka. Cara merawat rambut untuk wanita berhijab ini akan memberi ruang bernapas pada rambut dan akan membantu pertumbuhan rabut Anda. Cara ini juga dapat membantu menghilangkan stres apa pun yang Anda rasakan di kepala atau kulit kepala.

 

  1. Rutin potong rambut

 

Rutin memotong rambut tentu sudah menjadi salah satu cara mengatasi ujung rambut bercabang dan kering. Meski tidak ada orang yang dapat melihat rambut Anda, jangan mengabaikan kesehatan rambut.

 

Usahakan untuk tetap memotongnya secara teratur sebagai cara merawat rambut wanita berhijab agar tetap tumbuh dengan sehat.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2020. All rights reserved.