Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/chornerc/public_html/wp-content/themes/medicare/single.php on line 121

Anak Telat Bicara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

October 22, 2021 by admin ku
Untitled-design-44.png

Penyebab Anak Terlambat Bicara 

  • Kelainan pada rongga mulut atau kelinan pada lidah.Dalam kondisi yang disebut ankyloglossia (pengikat lidah) ini, lidah anak terhubung ke dasar mulut.Kondisi ini dapat mempersulit pembuatan suara tertentu, terutama: D L R S T Z th. 
  • Gangguan Pendengaran.
  • Kurangnya stimulasi.Lingkungan memainkan peran penting dalam perkembangan bicara dan bahasa.
  • Gangguan spektrum autisme
  • Disabilitas intelektual

Cara Mengatasinya

1. Terapi wicara-bahasa Pengobatan lini pertama adalah terapi wicara-bahasa.

Jika bicara adalah satu-satunya keterlambatan perkembangan, ini mungkin satu-satunya pengobatan yang diperlukan.Dengan intervensi dini, anak Anda mungkin memiliki kemampuan bicara yang normal pada saat mereka masuk sekolah. Terapi wicara-bahasa juga bisa efektif sebagai bagian dari keseluruhan rencana perawatan jika ada diagnosis lain. Terapis wicara-bahasa akan bekerja secara langsung dengan anak Anda, serta menginstruksikan Anda tentang cara membantunya.

2. Mengobati kondisi yang mendasarinya

Saat keterlambatan bicara terkait dengan kondisi yang mendasari, atau terjadi dengan gangguan yang hidup berdampingan, penting juga untuk mengatasi masalah tersebut.Seperti gangguan pendengaran,masalah pada mulut dan lidah.

Cara mendorong anak dalam berbicara yang dapat dilakukan oleh orang tua:

  • Ajak Si Kecil sering berbicara atau bercerita.Hal ini bisa membantu Si Kecil memahami objek tertentu melalui perkataan Bunda. Terapkanlah hal ini pada kegiatan lainnya, seperti saat mandi, memberikan makan, atau mengganti popok.
  • Belajar sambil bermain.Bermain adalah cara paling ampuh untuk mengajak Si Kecil berinteraksi sambil memberikan pelajaran agar lebih tanggap atas apa yang Anda ucapkan.
  • Nyanyikan lagu sederhana yang mudah diulang.
  • Ajak Sikecil Bersosialisasi dengan lingkungan di luar rumah.
  • Puji perkembangannya.Selalu beri pujian, senyuman, dan pelukan tiap kali Si Kecil mengeluarkan suara atau kosakata baru yang baik. Pada umumnya, bayi belajar berbicara dari reaksi orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga : Ini Alasannya Mengapa Membuat Mailing List Itu Penting!

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!