Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Manfaat Liburan Bagi Anak

November 18, 2021 by admin ku
leo-rivas-R_BLOGXpsOg-unsplash-1200x797.jpg

Liburan bagi anak adalah suatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Liburan merupakan momen untuk bersenang-senang, sekaligus salah satu satu tahapan perkembangan bermain anak. Banyak manfaat yang didapatkan anak dari berlibur, baik liburan indoor maupun outdoor

Berikut beberapa manfaat liburan untuk anak :

1.Menghilangkan Stres

Stres bukan hanya bisa di rasakan oleh orang dewasa.Mereka pun dapat mengalami stres dengan segala rutinitas mereka.Dia tentu sangat butuh refreshing dan istirahat sejenak dari padatnya rutinitasnya.Menurut Charlotte Gerber, Bachelor of Science dari Empire State Collage, New York, Amerika Serikat, manfaat liburan untuk anak salah satunya adalah menurunkan stress, dengan beberapa hal ini:

  • Udara segar dan sinar matahari baik untuk kesehatan. Udara segar ini bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, dan mengubahnya menjadi energi. Sedangkan cahaya matahari bisa membantu kita melawan depresi.
  • Bermain dan relaksasi adalah cara terbaik untuk menurunkan stres. 
  • Freedom! Ini penting untuk anak-anak. Setelah berbulan-bulan mereka hidup dengan jadwal teratur (bangun tidur, sekolah, kursus, dll), liburan anak adalah saat mereka bisa lepas jadi jadwal sejenak.

2.Mempelajari Hal Baru

banyak hal baru yang dapat dipelajari anak saat berlibur di lingkungan outdor seperti di taman nasional atau kebun binatang. Contohnya, mengetahui nama-nama tumbuhan dan hewan. Selain itu, anak juga dapat bersatu dengan alam, sehingga dalam dirinya tumbuh keinginan untuk merawat alam sebaik-baiknya.

3.Meningkatkan perkembangan otak

Saat berlibur ada dua jenis sistem yang dilatih di dalam otak anak, yaitu play system dan seeking system. Keduanya merupakan faktor penting yang akan meningkatkan daya berpikir anak. Kesinambungan antara kedua sistem tersebut akan membantu anak dalam mengontrol emosinya. Anak tidak akan mudah stres, bahkan selalu merasa bahagia, meskipun ia berada dalam situasi sulit sekalipun.

4.Melatih skill sosial

anak dapat berinteraksi dengan orang lain yang belum dikenalnya. Terlebih, jika orang tua memilih destinasi wisata alam yang terdapat suku atau penduduk lokal.Lingkungan yang berbeda akan memperkenalkan anak dengan kebudayaan maupun kebiasaan-kebiasaan baru yang belum pernah ia lihat sebelumnya.  Biarkan mereka berbaur dengan anak-anak asli penduduk lokal. Selain menambah teman baru, ini dapat melatih kecakapan berinteraksi dengan orang lain, juga anak akan lebih percaya diri.

5.Lebih Dekat dengan Keluarga

Liburan dapat menjadi media untuk menumbuhkan rasa cinta keluarga karena akan banyak aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Alhasil, anggota keluarga pun dapat semakin dekat antara satu dengan lainnya.Berdasarkan survei pada 2017 lalu, sebanyak 97% responden menyatakan liburan keluarga membuat anak merasa lebih dekat dengan kakak atau adiknya karena mereka bisa berkomunikasi dengan lebih santai dan mencurahkan isi hati masing-masing.

admin ku

admin ku

3DPotret 2020. All rights reserved.