Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Manfaat dan Cara Pemakaian Bedong Bayi yang Benar

January 14, 2022 by admin ku
3dpotret7.jpg

Saat bayi baru Lahir, orangtua pada umumnya telah menyiapkan serangkaian perlengkapan bayi baru lahir, salah satunya kain bedong. Membedong bayi merupakan salah satu tradisi yang masih dipakai masyarakat luas. Banyak pendapat pro dan kontra mengenai pemakaian kain bedong pada bayi, lalu apa sih manfaat dari membedong bayi? Bagaimana cara bedong bayi yang benar? Yuk simak artikel nya!

Membedong bayi dengan cara yang benar dapat membantu bayi tidur lebih tenang dan lebih nyaman. Berikut beberapa manfaat membedong bayi:

  • Tidur Bayi Menjadi Lebih Nyenyak

Membedong bayi bermanfaat untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak, nyaman dan menenangkan bayi bila dilakukan dengan benar.

  • Mengurangi Risiko Kematian Bayi Mendadak (SIDS)

Membedong bayi bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) pada bayi yang baru lahir. Namun dengan catatan bahwa bayi harus diletakkan pada posisi telentang menghadap atas.

Membedong bayi berguna untuk membatasi pergerakan bayi saat tidur, sehingga hal ini dapat melindunginya dari hal-hal berbahaya yang dapat menyebabkan SIDS saat tidur.

  • Waktu Tidur Bayi Menjadi Lebih Lama

Pada umumnya bayi mudah terbangun karena suatu hal kecil yang mengganggu dan mengagetkannya. Dengan membedong bayi, bayi bisa tidur menjadi lebih nyaman, tenang dan waktu tidur yang lama.

  • Membantu Menenangkan Bayi

Membedong bayi dapat membuat bayi merasa lebih hangat. Hal ini mengingatkan mereka pada saat berada didalam rahim.

Cara Bedong Bayi yang Benar

Ketika hendak membedong bayi, pastikan Bunda tahu bagaimana cara membedong yang benar. Berikut langkah-langkah dan cara membedong bayi yang benar:

  1. Letakkan kain di permukaan datar dan lipat sedikit salah satu sudutnya.
  2. Letakkan bayi pada lipatan selimut, bahu bayi berada tepat diatas lipatan tersebut
  3. Pastikan kedua tangan bayi berada di bawah mengapit tubuhnya
  4. Tarik sudut selimut dekat lengan kirinya menutupi lengan kiri dan dadanya, kemudian selipkan sudut selimut tersebut di bawah sisi kanan tubuhnya (berikan sedikit kelonggaran agar bayi dapat bebas bergerak).
  5. Tarik sudut selimut dekat lengan kanannya menutupi lengan kanan dan dadanya, kemudian selipkan sudut selimut tersebut di bawah sisi kiri tubunya (berikan sedikit kelonggaran agar bayi dapat bebas bergerak).
  6. Putar atau lipat ujung bawah selimut tersebut dan selipkan ke bagian belakang bayi. Pastikan kedua kakinya agak menekuk ke atas, serta kaki dan pinggulnya dapat bebas bergerak

Hindari membedong bayi terlalu ketat. Hal ini dapat menyebabkan persendian pada kaki bayi melonggar karena kaki terlalu diluruskan. Selain itu, cara ini juga dapat merusak tulang rawan lunak dari rongga pinggul yang mengarah pada hip dysplasia.ru

admin ku

admin ku

3DPotret 2022. All rights reserved.