Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Tips Menenangkan Bayi Ketika Rewel

March 29, 2021 by 3Dpotret Team0
39ac5ed9170214afea6287912b946cce4bcada90.jpg

Menangis adalah cara bayi berkomunikasi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau saat ia membutuhkan sesuatu. Oleh karena itu, bayi menangis atau rewel bisa disebabkan oleh berbagai hal.

 

Cara menenangkan bayi terkadang masih belum diketahui beberapa orang tua. Pada umumnya, bayi memang lebih sering menangis tiba-tiba .

 

Ada saat-saat tertentu ketika bayi cenderung banyak menangis dan tidak bisa ditenangkan ,  Umumnya ini terjadi di sore atau malam hari .

 

Tapi, tak perlu panik, karena biasanya bayi menangis untuk mencari kenyamanan, maka cobalah lakukan sesuatu yang bisa membuatnya nyaman .

 

Berikut beberapa  tips menenangkan bayi ketika rewel :

 

 

  1. Membedong bayi

 

Caranya adalah dengan menempatkan kain bedong atau selimut pada tubuh bayi, lalu lipat secara perlahan hingga ia merasa nyaman. Namun, membedong bayi baru lahir perlu dilakukan dengan teknik yang tepat agar bayi tidak merasa kesakitan.

 

Hindari kebiasaan membedong bayi terlalu kencang karena bisa membuatnya merasa kurang nyaman dan mengganggu pertumbuhan tulang tubuhnya, misalnya tulang panggul.

 

Perlu diingat pula bahwa membedong bayi sebaiknya mulai dihentikan ketika usianya sudah mencapai 2 bulan. Hal ini dikarenakan saat usia tersebut, bayi mulai belajar berguling sehingga ia bisa merasa kurang nyaman untuk bergerak apabila ia dibedong. Selain itu, bayi juga berisiko tercekik kain bedongnya ketika berguling .

 

  1. Menciptakan suara bising atau white noise

 

Di dalam rahim terdapat berbagai suara. Menciptakan suara bising kecil atau white noise dapat membantu bayi merasa seperti kembali ke dalam rahim.

Hal ini dapat dilakukan sebagai cara mendiamkan bayi menangis. Bunda dapat menciptakan suara bising dengan menyalakan kipas angin, penyedot debu, shower, keran air, atau radio.

Suara geraman penyedot debu mungkin terdengar mengganggu bagi bunda . Namun, banyak bayi yang tenang saat mendengar suara itu karena mirip dengan deru suara tubuh yang didengarnya dalam rahim.

 

  1. Mengayun bayi

 

Di dalam rahim, bayi terbiasa dengan banyak gerakan. Mengayun bayi dalam ayunan dapat membantunya tenang dan tertidur.

Selain itu, goyangan dalam kereta bayi, kursi goyang, atau mobil juga dapat membuatnya tenang karena mengingatkannya dalam rahim.

 

  1. Memijat lembut

 

Memijat bayi secara lembut dapat membuatnya merasa tenang dan berhenti menangis. Sebab, sebagian besar bayi senang disentuh.

Bunda mungkin merasa khawatir salah dalam memijat bayi. Selama dilakukan secara lembut dan pelan-pelan, ini biasanya tidak apa-apa dan akan memberi kenyamanan pada bayi.

Sebaiknya, hindari menggunakan minyak atau losion apapun hingga bayi berusia 1 bulan karena dikhawatirkan menyebabkan iritasi. Selain itu, bunda dapat meminta petunjuk pada bidan atau dokter anak untuk memijat bayi .

 

  1. Miringkan tubuh bayi

 

Miringkan tubuh bayi

Salah satu cara menenangkan bayi yang paling mudah dilakukan adalah dengan memposisikan bayi berbaring miring ke samping. Posisi tubuh ini menyerupai posisi bayi ketika ia masih berada di dalam rahim. Oleh karena itu, saat Si Kecil menangis, Bunda dan Ayah bisa coba memiringkan posisinya agar ia merasa lebih tenang dan nyaman.

 

Namun, Bunda dan Ayah tidak boleh meninggalkannya dalam posisi tersebut sendirian, apalagi bila Si Kecil sampai tertidur. Ketika tangisnya mulai mereda dan ia terlihat seakan mulai terlelap, baringkan ia kembali ke posisi telentang.

 

  1. Menghibur bayi

 

Bahkan bayi muda bisa bosan – dan jika mereka melakukannya, itu dapat menyebabkan mereka rewel. Untuk membuat si kecil terhibur, cobalah menceritakan tindakan bunda, penuh dengan suara-suara konyol dan ekspresi animasi. Anda juga dapat mencoba duduk di lantai dengannya dan menunjukkan kepadanya bagaimana mainannya berputar dan berputar.

 

Beberapa bayi suka melihat dan mendengarkan bunda membaca buku papan berima sederhana, sementara yang lain mendapatkan cekikikan jika bunda menyalakan beberapa lagu dan menari bersama mereka.

 

  1. Menyusui bayi

 

Menyusu bisa dilakukan sebagai cara menenangkan bayi menangis. Sebab, terkadang bayi menangis karena mereka lapar. Untuk itu, pemberian ASI mampu membuat mereka kenyang dan berhenti menangis.

3d potret team

3Dpotret Team


Leave a Reply

Your email address will not be published.


3DPotret 2020. All rights reserved.