Jam KerjaSenin - Sabtu 8:00 AM-4:00PMEMAIL:3dpotret@gmail.com

Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

November 13, 2021 by admin ku
thiago-cerqueira-Wr3HGvx_RSM-unsplash-1200x800.jpg

Ciri-ciri bayi tumbuh gigi bisa berbeda antara bayi satu dengan bayi lainnya.Gigi pertama bayi umumnya akan tumbuh saat memasuki usia 4–6 bulan.Periode bayi tumbuh gigi bisa dikelompokkan menjadi empat tahap berdasarkan usia, yakni usia:

  • 6-12 bulan: tumbuh gigi seri paling depan
  • 16-23 bulan: tumbuh gigi taring
  • 13-19 bulan: tumbuh gigi geraham pertama
  • 22-24 bulan: tumbuh gigi geraham kedua

Fase Pertumbuhan gigi pertama bayi dikenal dengan istilah teething syndrome.Sindrom teething ini ditandai dengan tumbuhnya gigi pertama atau gigi primer yang mulai menembus gusiSaat gigi susu mulai tumbuh, bayi akan menunjukkan beberapa tanda yang biasanya berlangsung sekitar 8 hari. 

Apa Saja Tanda Bayi Tumbuh Gigi?

Susah Makan

Tumbuhnya gigi susu akan mengakibatkan gusi sobek sehingga terasa sakit, dan mengonsumsi makanan akan membuat gigi dan gusinya semakin terasa sakit. Inilah alasan bayi jadi susah makan saat tumbuh gigi.

Gusi bengkak

Bayi yang sedang tumbuh gigi umumnya mengalami gusi bengkak dan kemerahan, serta mungkin tampak memar. Bunda juga dapat melihat adanya gigi yang muncul secara samar di dalam gusi bayi yang sedang meradang tersebut.

Menggigit-gigit

Hal ini terjadi karena bayi merasa sakit di gusinya. Dia memerlukan sesuatu untuk digigit guna mengurangi rasa nyeri tersebut.Orang tua bisa memberikan es yang terbuat dari campuran buah dan sayur yang dibekukan. Bisa pula memberinya teether atau mainan khusus untuk digigit-gigit.

Rewel

Rasa sakit akibat pertumbuhan gigi bisa membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga ia jadi rewel dan menangis. Rasa sakit tersebut juga dapat menyebabkan tidurnya terganggu.

Menarik telinga atau menggaruk pipi

Hal ini dilakukan karena rasa sakit pada gusi yang menjalar hingga telinga dan pipi. Umumnya ini terjadi ketika gigi geraham mulai tumbuh. Orang tua bisa membantu meredakan rasa sakit itu dengan menggosok dan memijat gusi bayi memakai jari yang bersih selama kurang-lebih 1 menit.

Demam

Demam yang menjadi tanda bayi tumbuh gigi adalah yang masih di bawah 37 derajat Celsius.Namun, Apabila demam mencapai 37 derajat Celsius ke atas, kemungkinan penyebabnya bukan karena gigi yang akan tumbuh dan segera periksakan ke dokter.Selain demam, bayi juga dapat mengalami batuk karena peningkatan produksi air liur di mulutnya, dan diare karena sering menggigit benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

admin ku

admin ku

3DPotret 2020. All rights reserved.